Web Development

Web Development

 

Pada tulisan ini akan mencoba membandingkan antara PHP vs ASP.NET dalam hal biaya, skalabilitas, dan performansi keduanya. Di satu sisi, PHP merupakan bahasa pemrograman yang memliki jutaan developer/pengembang dan memiliki komunitas yang sangat besar. Di sisi lainnya, ASP.NET merupakan sebuah platform yang dibuat oleh Microsoft dengan menggunakan bahasa .NET untuk pengembangan websitenya.

Lalu, di antara kedua platform tersebut, manakah yang lebih baik ? Tentu hal ini banyak pertimbangan dan dari sisi kebutuhan juga. Akan tetapi, kali ini akan dibahas dari 3 aspek yang telah disebutkan diatas yakni biaya, skalabilitas, dan performansi.

 

PHP
PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP sebagai scripting tools dengan cepat mengambil perhatian pengembangan website dengan kemudahan mempelajarinya dan didukung oleh komunitas yang sangat besar. Mayoritas website yang ada menggukan PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan juga menggunakan berbagai framework untuk mempermudah pengembangannya.

 

ASP.NET
ASP.NET dibangun oleh Microsoft untuk membantu developer mengembangkan website menggunakan scripting tools yang mudah digunakan. ASP.NET merupakan terusan dari ASP(Active Server Pages) yang diperkenalkan oleh Microsoft sekitar tahun 1990. ASP.NET dapat digunakan menggunakan bahasa pemrograman .NET Pada awalnya, ASP.NET sangat populer karena dominasi Internet Explorer(IE) pada zamannya.

 

Biaya
PHP gratis, sedangkan ASP.NET berbayar. Mungkin itu yang pertama kali diingat ketika ingin membandingkan keduanya dari segi biaya. Padahal untuk download ASP.NET sebenarnya gratis. Untuk pengembangan ASP.NET, juga harus memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Harus membeli Windows, ASP.NET hanya dapat dikembangkan di lingkungan Windows saja, tetapi hal ini bukan masalah yang begitu serius mengingat pengguna Windows masih menguasai pasar sistem operasi yang ada. Untuk pengguna Mac atau Linux, dapat menggunakan Mono Project untuk dapat memakai ASP.NET
  • ASP.NET membutuhkan Windows Hosting, pada awalnya Windows Hosting lebih mahal daripada Linux hosting, akan tetapi untuk akhir-akhir ini, sudah banyak yang menyediakan Windows Hosting dengan harga yang kompetitif dibandingkan dengan Linux Hosting

 

Skalabilitas
Penggunaan ASP.NET maupun PHP cukup berimbang. Keduanya mempunyai porsi yang berbeda-beda. Contohnya, PHP banyak digunakan untuk website blog yang banyak beredar, sedangkan ASP.NET juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menerapkan website di kalangan internal mereka juga, tetapi tidak terbatas juga penggunaan ASP.NET yang cukup banyak di internet.

 

Performansi
Cukup berat untuk membandingkan masalah performasi keduanya, harus dengan pengujian yang benar-benar detail dan teliti. Banyak faktor yang bisa dilibatkan dalam masalah performansi keduanya. Untuk hitungan secara kasar, dari mesin yang digunakan untuk dijalankan (web hosting) dimana PHP menggunakan Linux dan partisi Ext4 sedangkan ASP.NET menggunakan Windows dengan partisi NTFS untuk segi Input Output (I/O) banyak sumber yang mengatakan bahwa Ext4 lebih cepat dibandingkan dengan NTFS.

 

Dukungan
Untuk dukungan sendiri, keduanya PHP dan ASP.NET memiliki komunitas yang sama-sama banyak, akan tetapi untuk komunitas yang menyukai PHP sedikit lebih banyak dibandingankan kumunitas yang menyukai ASP.NET, hal ini tentu lebih membantu apabila ada yang baru belajar dalam bahasa pemrograman tersebut.

 

Demikian perbandingan PHP vs ASP.NET kali ini, untuk kesimpulan mana yang akan digunakan atau dipelajari, silakan untuk memahami kebutuhan dan ketersediaan yang dimiliki. Kedua platform tersebut sama baiknya, tetapi kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing.

 

 

 

 

(HMS)